Selasa, 25 Desember 2012

Menutup PAIR Satria F 150

Kesempatan ini ane akan bahas proses menutup PAIR untuk satria FU 150, pertama tama kita hrs tau apa sih PAIR itu?? PAIR adalah Pulsed Secondary Air Injection System yang bekerja menembakkan udara segar ke exshaust manifold, dengan tujuan supaya kadar emisi gas buang tertekan alias menekan kadar emisi gas buang supaya lebih ramah lingkungan. 




Sedangkan kenapa kok di tutup,tujuan ane simple aja yaitu :

1. supaya penampilan mesin lebih bersih dari selang selang, 

2. Mengurangi gejala nembak (meskipun bagi saya tidak mengganggu)


3. Menambah tekanan gas buang supaya padat (berguna untuk satria F 150 kata Suhu Wildan)

Sekarang langsung kita praktekkan,barang2 yang perlu d siapkan adalah :


1. Tutup Klep Karisma



2. Kikir Bulat

3. Penutup Lubang manifol punya Scorpio kluaran pertama (sebelum mengadopsi semacam PAIR di satria F)
4. Kunci "pas" 10"
5. Lem paking

Berikut Cara kerja nya :
1. Pertama tama lobang baut di buat agak lonjong Coz ternyata lobang baut tidak PNP alias Pas dengan menggunakan kikir bulat
2. Buka PAIR pake kunci "PAS" 10.
3. lepas dalemannya PAIR seperti gambar d bawah:


4. Balik Plat yang melengkung sehingga membuat udara tidak mengalir lagi
5. Pasang kembali daleman PAIR
5. Pasang tutup klep Karisma dengan sebelumnya d lapisi lem paking seperti pada gambar:



6. Pasang Penutup lobang manifol secorpio di satria F 150 seperti pada gambar d bawah :

7. Stater mesin n cek kebocoran
8. setel kembali karburator (angin2 + gas) coz waktu kejadian ane ini gas makin turun rpm nya

Setelah d tutup efeknya suara knalpot makin padat n mantab!!! ditunggu review selanjutnya heheh

5 komentar: